Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI)
blog-img-10

Posted by : admin_1

Lebih Mengenal Kerja Steward

Pada setiap event equestrian, kita akan menjumpai yang namanya steward. Beberapa steward akan dikepalai oleh seorang chief steward. Moelyono Soegito menjadi chief steward dalam Equestrian Champions League Seri 5 khusus disiplin dressage. Untuk disiplin show jumping ada Paulus yang menjadi steward. Paulus dinilai lebih kompeten dan telah terpercaya "Karena record kerja beliau yang saya pantau selama event di sini. Beliau National Steward dan ikut dalam Asian Games 2018 kemarin," jelas Moelyono. Saat Paulus menjadi chief steward show jumping, Moelyono menjadi time keeper "Pada saat jumping event saya bertugas sebagai time keeper, di sini bukan saya lepas tanggung jawab sebagai chief Steward," tuturnya.

Sebelum event digelar, chief steward akan menyarankan jumlah steward ke penyelenggara. Jumlah steward yang dibutuhkan dalam sebuah event bisa beragam. Hal ini dipengaruhi dengan jumlah lapangan yang digunakan "Bukan tidak mungkin 1 lapangan ada 2-3 Steward," jelas Moelyono.

Steward dapat juga dikatakan sebagai kaki tangan juri. Mereka lah yang menjembatani antara juri dan rider "Dalam arti kata steward ini kepanjangan tangan juri di arena warm up sebelum rider dan kuda menuju arena pertandingan," tutur Moelyono. Jika ada hal-hal yang dilanggar oleh rider di arena warm up, maka steward berhak memberikan kartu kuning kepada rider. Arena warm up telah disediakan oleh penyelenggara dan diawasi steward. Jika rider melakukan warm up di tempat yang tidak sesuai maka akan diberi peringatan. Kalau sampai tiga kali peringatan tidak diindahkan, maka steward memberikan kartu kuning dan melapor ke chief steward.

Steward juga memperhatikan equipment yang digunakan rider. Jika itu ilegal, steward akan menginfokan ke chief steward dan diteruskan ke juri "Rider bisa didiskualifikasi sebelum bertanding," jelasnya. Selain itu, jika steward melihat adanya darah yang keluar dari kuda saat warm up, maka akan diberhentikan terlebih dahulu dan diinfokan ke dokter hewan. Hasil pemeriksaan dokter disampaikan ke chief steward lalu diputuskan bisa atau tidak untuk melanjutkan pertandingan "Karena kalau sampai di arena pertandingan juri melihat ada darah keluar dari kuda, maka si rider langsung didiskualifikasi," jelas Moelyono panjang.

Tugas menjadi steward tidaklah mudah. Selain memperhatikan kesiapan kuda dalam arena warm up, steward juga mengatur keluar masuknya kuda ke arena pertandingan. Selain itu, steward juga mengatur susunan kuda di podium saat pemberian medali.

Hitungan kerja steward dimulai saat kuda datang ke tempat bertanding atau 1-2 hari sebelumnya "Steward itu normalnya kerja: ada yang setelah kuda baru datang ke tempat kandang-kandang buat event atau 1-2 hari sebelum event," tutur Moelyono. "Kalau pertandingan FEI event normalnya kuda-kuda datang ke tempat event sudah ada chief Steward dan beberapa Stewardnya," jelas Moelyono mengenai pertandingan FEI (Federation Equestrian International). Saat mendekati hari-H pertandingan, akan ada banyak lagi Steward yg ada "Kalau para Steward suda terkumpul semua (bisa 10-20 orang), selanjutnya chief steward membuat job description untuk Steward staffnya (Karena ini mengacu pada 8 jam kerja)," tutur Moelyono. Dalam event FEI, Steward-steward yang diundang telah bersertifikat FEI steward dan itu ada di directory FEI book dari tiap-tiap negara.