Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI)

Posted by : admin_1

Indonesia Tuan Rumah Final FEI JWC 2021

Salah satu kegiatan internasional dari cabang olahraga berkuda equestrian yang paling bergengsi adalah Jumping World Challenge (JWC) yang diselenggarakan oleh Federasi Equestrian Internasional / Federation Equestre Internationale (FEI).

Salah satu agenda General Assembly atau Munas Anggota FEI pada 23 November 2020 adalah menentukan pemenang bidding tuan rumah Final FEI Jumping World Challenge tahun depan. Indonesia yang mengikuti bidding untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang internasional Sow Jumping tersebut.

Berkat kerja keras jajaran Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP.Pordasi), akhirnya Indonesia berhasil ditetapkan sebagai tuan rumah Final FEI Jumping World Challenge tahun 2021. Keputusan yang menetapkan Indonesia tersebut diambil dalam Munas FEI yang dihadiri 102 negara peserta.

Sekretaris Jenderal PP.Pordasi Adinda Yuanita menjelaskan kerja keras yang dilakukan sejak beberapa bulan lalu. “Proses bidding sebagai tuan rumah FEI World Jumping Challenge ini sudah dilakukan lebih dari 9 bulan sebelumnya”, bukanya menjelaskan. “Perjuangan kita tidak mudah”, tambahnya menegaskan.

Adinda juga ceritakan bahwa Indonesia ternyata sudah dipercaya menjadi tuan rumah FEI World Jumping Challenge Final 2022. Tuan rumah tahun 2021 mengalami kendala dalam memenuhi persyaratan sehingga Indonesia maju sebagai tuan rumah tahun depan. “Tadinya Indonesia sudah ditunjuk sebagai tuan rumah FEI World Jumping Challenge Final 2022, namun karena satu dan lain hal Senegal ternyata tidak memenuhi persyaratan yang cukup berat dari FEI sebagai tuan rumah tahun 2021 maka Indonesia lah yang dimajukan sebagai tuan rumah FEI World Jumping Challenge Final 2021

Final FEI Jumping World Challenge tahun 2021 direncanakan akan digelar pada pertangahan September tahun depan di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP). Sebanyak 27 negara kontingen akan bertanding di babak final kompetisi Show Jumping. Para atlet yang akan bertanding adalah yang terbaik dari negaranya. Mereka telah lolos karena menjadi juara pada babak kualifikasi yang sudah digelar.

Babak kualifikasi FEI Jumping World Challenge diselenggarakan di negara masing-masing dan bersifat wajib. Ketua Komisi Equestrian PP.Pordasi Brigjen TNI Mar (Purn.) Ivan Ahmad Rizky T. S.H. menjelaskan bahwa FEI dapat memberikan sanksi jika suatu negara tidak menggelar kualifikasi FEI Jumping World Challenge. Sanksi yang diberikan adalah dilarang mengikuti di tingkat internasional.

Indonesia sendiri pada tahun ini telah tuntas menggelar kualifikasi yang terdiri dari 3 Seri. Pertama, digelar bersamaan dengan Equinara Pulomas Open (EPO) pada 15 -16 Agustus 2020. Seri 2 FEI JWC 2020 digelar di Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre bersamaan dengan Cinta Indonesia Open pada 31 Oktober 2020. Seminggu berselang yakni pada 7 November 2020, APM Equestrian Centre kembali menjadi diselenggarakannya Seri 3 atau terakhir FEI JWC.

Dari ketiga Seri FEI JWC 2020 yang digelar di Indonesia, pemenangnya adalah Dirga Saputra yang memiliki skor tertinggi berdasarkan akumulasi seluruh Seri pada Kategori A. Juara Kategori A berpotensi menjadi wakil Indonesia pada Final FEI JWC 2021, dengan catatan torehan angka yang dimilikinya lebih baik dari wakil negara lain pada Grup yang sama.

Selain Kategori A yang memiliki ketinggian rintangan 120-130 cm, ada juga bebarapa kategori lainnya. Kategori B mempertandingkan kelas 110-120 cm dan Kategori C dengan 100-110 cm.